Analisis Sistem Informasi Management Rumah Sakit Tk. IV 04.07.03 dr. Asmir Salatiga dengan Metode PIECES

Authors

  • Eni Listiyani Teknologi Informasi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta
  • Tikaridha Hardiani Teknologi Informasi, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35842/sintaks.v1i1.7

Keywords:

PIECES, SIMRS, Analisis, Rumah Sakit, Pelayanan

Abstract

Rumah Sakit Tk. IV 04.07.03 dr. Asmir Salatiga telah menggunakan adanya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS ) yang sudah berjalan kurang lebih 7 tahun. SIMRS ini digunakan hampir ke seluruh unit mulai dari informasi pendaftaran hingga pelayanan apotek. Selain itu ada juga tools untuk unit-unit tindakan seperti Instalasi Gawat Darurat, Intensive Care Unit, radiologi, bedah, bersalin, laboratorium, rawat inap, rawat jalan dan kasir. Pegawai Rumah Sakit Tk. IV 04.07.03 dr. Asmir Salatiga mengalami kendala di beberapa unit belum bisa melakukan pelaporan dan juga masih terdapat unit yang belum tersambung di SIMRS. Perlu dilakukan evaluasi dan monitoring untuk mengetahui SIMRS berkerja dengan maksimal. Tujuan penelitian menganalisa SIMRS dalam meningkatkan pelayanan kesehatan RS dr. Asmir Salatiga menggunakan metode PIECES(Performance, Information, Economic, Control, Efficiency dan Service). Hasil penelitian ini penulis dapat menganalisis dan memberikan saran pada SIMRS yang berjalan di Rumah Sakit Tk. IV 04.07.03 dr. Asmir Salatiga.

Downloads

Published

2022-08-28