AIKids : Platform Pengajaran Artificial Intelligence Bagi Siswa Tingkat Dasar berbasis Scratch

Authors

  • Arif Setiawan Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Yuni Setia Ningsih Pendidikan Teknik Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35842/sintaks.v2i1.32

Keywords:

artificial intelligence, computational thinking, scratch

Abstract

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang sedang berkembang pesat dan semakin banyak digunakan dalam berbagai bidang, dengan mempelajari AI sedini mungkin dapat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Penelitian ini bertujuan untuk membangun platform pengajaran AI untuk mengenalkan konsep Computational thinking bagi Siswa Tingkat Dasar. Dalam pengembangan platform tersebut digunakan metode 4D yaitu Define, Design, Develop dan Disseminate. Hasil penelitian berupa platform pengajaran berbasis website. Dari tiga hasil pengujian yaitu Uji Fungsionalitas, Uji Reliability dan Uji Performance dapat disimpulkan bahwa platform ini layak digunakan sebagai salah satu alternatif media pengajaran AI.

Downloads

Published

2023-09-07