Aplikasi Point Of Sale Berbasis Web Untuk Umkm Batik Jumputan Di Celeban Yogyakarta

Authors

  • Ahmad Sahal Teknologi Informasi,Universitas Respati Yogyakarta
  • Sugeng Winardi Sistemi Informasi,Universitas Respati Yogyakarta
  • Marselina Endah Hiswati Informatika,Universitas Respati Yogyakarta
  • Irawadi Buyung Teknik Elektro,Universitas Respati Yogyakarta
  • Aisyah Aulia Istiana Khuzaimah Teknologi Informasi,Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35842/sintaks.v1i1.13

Keywords:

Teknologi Informasi, UMKM, Point Of Sale

Abstract

Pada era new normal sehabis masa Pandemi Covid-19 telah memukul seluruh sektor kehidupan. Tidak hanya kehidupan masyarakat dan perekonomian yang terdampak namun juga perubahan perilaku dan kegiatan usaha serta peluang bisnis. Sementara, kalangan industri usaha terus dituntut untuk melakukan inovasi dalam usahanya agar dapat bertahan dan bersaing di masa adaptasi kebiasaan baru serta era transformasi digital. Keadaan saat ini memang berat, transformasi digital pun menjadi sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, termasuk di dunia usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). “Dengan digitalisai dan internet yang semakin merata, digitalisasi menjadi penyelamat bagi UMKM, petani, pedagang, dan lainnya, sehingga bisa memasarkan produknya melalui online. Artinya, ada sisi positif yang bisa didapat dari pandemi ini”. Berdasarkan beberapa jurnal, membuktikan bahwa masih minimnya UMKM di Indonesia yang mulai merambat ke dunia online, setelah diteliti bahwa hanya 20,93% UMKM yang memiliki komputer dalam menunjang usaha yang dijalankan. Meski tertera bahwa 58,82% masyarakat mampu mengoperasikan komputer secara baik, ternyata kemampuan untuk manfaat peningkatan kualitas usaha, juga kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia. Memanfaatkan komputer sebagai penunjang UMKM tersebut yang kurang sehingga pengembangannya untuk menginjaki dunia online menjadi relatif rendah. Pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan pendekatan dengan sosialisasi dan pelatihan mengenai teknologi informasi yang dapat digunakan sebagai alternative guna peningkatan pasar di era paska pandemic covid-19 bagi pelaku UMKM di celeban kelurahan Tahunan. Tujuan jangka panjang adalah permasalahan UMKM mengenai pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung bisnis dapat teratasi dan usahanya semakin berkembang. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah dapat berkontribusi untuk ilmu pengetahuan dalam bentuk karya inovatif bidang teknologi informasi untuk pendukung UMKM, draf publikasi ilmiah, dan hasil lain dalam bentuk poster.

Downloads

Published

2022-08-28